SERTIFIKASI GURU ?? JANGAN DICAP NEGATIF DULU

Sekarang ini sedang hangat-hangatnya orang membicarakan mengenai sertifikasi guru, baik itu mengenai dampak positifnya maupun mengenai dampak negatifnya. Hal ini menimbulkan diskusi panjang lebar mengenai apakah sertifikasi guru itu patut diterapkan dalam dunia pendidikan kita,ataukah tidak usah saja diterapkan dalam dunia pendidikan kita. Menjawab persoalan tersebut, banyak menimbulkan jawaban yang berbeda-beda dari setiap orang, tentunya dengan alasan yang berbeda-beda pula. Sebelumnya, ada baiknya apabila diterangkan sedikit mengenai apakah sertifikasi guru tersebut, sehingga tidak terjadi salah tafsir mengenai apa itu sertifikasi guru.

Sertifikasi guru adalah proses pemberian sertifikat pendidik kepada guru.  Sertifikat  pendidik diberikan kepada guru yang telah  memenuhi standar professional guru. Guru profesional merupakan syarat mutlak untuk menciptakan sistem dan praktik pendidikan yang berkualitas.  Dasar utama dari pelaksanaannya adalah  Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen (UUGD) yang disahkan tanggal 30 Desember 2005. Pasal yang menyatakannya adalah Pasal 8: guru wajib memiliki kualifikasi akademik, kompetensi, sertifikat pendidik, sehat jasmani dan rohani, serta memiliki kemampuan untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional.  Pasal lainnya adalah Pasal 11, ayat (1) menyebutkan bahwa sertifikat pendidik sebagaimana dalam pasal 8 diberikan kepada guru yang telah memenuhi persyaratan. Landasan hukum lainnya adalah Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan  Nasional, dan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 18 Tahun 2007 tentang Sertifikasi Bagi Guru Dalam Jabatan yang ditetapkan pada tanggal 4 Mei 2007. Jadi sebenarnya sertifikasi guru bukanlah hal yang baru, karena sertifikasi guru sebenarnya sudah dicanangkan pada tahun 2005 silam dan diperkuat lagi pada tahun 2007 ini. “Keberanian”, itulah mungkin kata yang tepat untuk tindakan sertifikasi guru yang diambil pemerintah kita sekarang. Karena, dilihat dari jumlah target guru-guru yang ingin disertifikasi, pemerintah kita jauh lebih berani ketimbang Amerika Serikat. Pemerintah kita dalam kurun waktu sepuluh tahun mentargetkan sertifikasi terhadap 2,7 juta guru, sebaliknya pemerintah A.S dalam kurun waktu yang sama hanya berani mentargetkan 10.000 guru untuk disertifikasi. Luar biasa bukan? Ini membuktikan kalau sebenarnya niat pemerintah untuk memperbaiki mutu pendidikan kita sungguh sangatlah besar, dan ini harus menjadi semangat kita untuk ikut serta mensukseskan hal tersebut.

Pandangan negative terhadap sertifikasi guru oleh sebagian orang yang menganggap kalau sertifikasi guru tersebut nantinya akan merugikan guru sungguh amat disayangkan, karena sebenarnya sertifikasi guru tidaklah bertujuan untuk itu,malah sebaliknya sertifikasi guru justu akan menguntungkan pihak guru. Tujuan dari sertifikasi guru diantaranya adalah meningkatkan martabat guru, meningkatakan profesionalitas guru dan juga meningkatkan kesejahteraan guru. Jadi dengan adanya sertifikasi guru, guru justru mendapatkan keberuntungan dan bukannya mendapatkan kerugian. Untuk itu diperlukan pemahaman mangenai tujuan, manfaat dan segala hal yang berkaitan dengan sertifikasi guru sebelum kita mengartikannya dan memberinya label baik atau buruk. Apabila diteliti secara mendalam, sebenarnya sertifikasi guru memberikan bukti kepada kita bahwa Negara kita sedang bersiap untuk mengadakan perombakan secara besar-besaran didalam dunia pendidikan kita. Peran guru didalam pendidikan amatlah penting, pendidikan dan guru adalah satu kesatuan yang yidak dapat dipisahkan. Oleh karena itu guru sebagai poin penting didalam pendidikan haruslah diberdayakan semaksimal mungkin agar pendidikan yang dilaksanakan dapat sesuai dengan apa yang diharapkan. Salah satu upaya peningkatan kualitas guru tersebut adalah dengan sertifikasi guru yang sedang dilaksanakan sekarang.

Kita, baik yang sedang dipersiapkan untuk menjadi guru maupun yang sudah mengabdikan diri sebagai guru haruslah memiliki kesadaran bahwa kita harus berbuat yang terbaik untuk dunia pendidikan kita dan kita harus mendukung program-program yang tujuannya untuk mewujudkan pendidikan yang bermutu. Sejarah perkembangan dan pembangunan bangsa-bangsa mengajarkan pada kita bahwa bangsa yang maju, modern, makmur dan sejahtera adalah bangsa-bangsa yang memiliki sistem dan praktik pendidikan yang bermutu. Pendidikan yang bermutu sangat tergantung pada keberadaan guru yang bermutu, yakni guru yang profesional, sejahtera dan bermartabat.

 

One response to “SERTIFIKASI GURU ?? JANGAN DICAP NEGATIF DULU

  1. salam kenal aja, kunjungi blog saya di taufik79.wordpress.com

    Iya, salam kenal juga. ini ada posting terbaru lagi,cerita rakyat dari daerahku, kalau tidak keberatan , silahkan dibaca ya..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s