BUDAYA LOKAL = KEUNIKAN JATI DIRI BANGSA

BUDAYA LOKAL = JATI DIRI BANGSA <!– @page { size: 8.5in 11in; margin: 0.79in } P { margin-bottom: 0.08in } –>

Manusia tidak dapat dipisahkan dengan budaya, membicarakan budaya tidak akan ada habisnya, karena budaya akan selalu berkembang seiring dengan berjalannya waktu dan berkembangnya aktivitas manusia…”.

images1

Bangsa Indonesia adalah bangsa yang kaya akan budaya, bangsa yang dipandang unik oleh bangsa lain karena keragaman rakyat dan budayanya. Inilah yang menjadi ciri khas yang selalu melekat pada bangsa Indonesia, yang menjadi jati diri bangsa, dan merupakan kebanggaan tersendiri bagi kita yang menyadarinya. Hal tersebut memang sudah tercermin dalam semboyan bangsa Indonesia yang sudah sangat terkenal sekali yakni “Bhineka Tunggal Ika” yang berarti “Berbeda-beda Tetapi Tetap Satu Jua”.

Perbedaan yang melekat pada bangsa Indonesia merupakan anugerah yang tidak ternilai harganya, karena seperti yang kita ketahui dengan perbedaan tersebut telah menjadikan bangsa kita dikenal oleh berbagai bangsa dari berbagai negara lain di dunia. Banyak turis yang datang ke Indonesia terpesona dan berdecak kagum dengan berbagai macam keunikan yang ada pada bangsa ini, sebagian besar menyatakan takjub dengan budaya bangsa yang tidak ada duanya di dunia ini. Sampai-sampai di beberapa negara maju ada yang telah mendirikan sekolah yang mempelajari tentang budaya Indonesia, terutama seni musik dan seni tari. Jadi, apa ada alasan untuk tidak bangga dengan bangsa kita ini?

Melihat hal tersebut dan dengan pemahamannya, maka akan sangat bijak apabila sebagai bagian dari bangsa ini kita ikut serta dalam memelihara keunikan tersebut. Salah satu hal yang sangat penting untuk di perhatikan adalah tentang budaya local, budaya local sabagai pembentuk keunikan budaya Indonesia adalah poin penting yang tidak dapat dikesampingkan peranannya. Dalam hal ini, budaya local yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia berperan sebagai pembentuk keragaman yang masing-masing mempunyai ciri khas sendiri-sendiri yang berbeda satu dengan yang lainnya.

Judul di atas sengaja penulis pilih dikarenakan pemahaman bahwasanya budaya local masyarakat Indonesia yang berbeda antara daerah yang satu dengan daerah yang lain merupakan hal yang menjadikan bangsa Indonesia unik. Budaya local yang menciptakan jati diri bangsa tersebut tidak hanya memperkaya budaya bangsa ini dan menjadikannya unik, tetapi juga mencerminkan bahwa bangsa Indonesia adalah bangsa yang menghargai perbedaan diantara mereka, inilah salah satu sifat yang banyak diidam-idamkan bangsa lain juga di dunia. Berbagai macam kelebihan yang dimiliki bangsa ini tidak terjadi begitu saja, tetapi melalui proses yang panjang, dan ini menandakan bahwa bangsa Indonesia memang menghendaki akan hal tersebut.

Mengingat hal tersebut, alangkah baiknya mulai dari sekarang kita lebih memperhatikan budaya local yang sekarang sepertinya semakin memudar karena budaya luar yang dirasa lebih baik, jangan budaya lokal tersebut tenggelam dan mengurangi keunikan yang menjadi jati diri bangsa ini.

“Mari kita jaga dan pelihara Budaya Lokal”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s